Minggu, 10 Februari 2013

Penyebab Warna Memudar

1.Kain Warna Putih Yang Memudar

Sering sekali kita lihat pakaian berwarna putih yang terlihat kusam atau agak kekuning-kuningan setelah dicuci. Misalnya hanya pada sebagian sambungan kain atau sebagian dari beberapa potong pakaian. Padahal PCE yang dipergunakan mencuci amat sangat bersih dan cara pencuciannyapun sudah dilakukan dengan benar. Lalu kenapa bisa terjadi demikian, apakah mungkin karena kotoran menempel kembali ?

Jika bukan karena kotoran yang menempel kembali, maka hampir dipastikan terjadi karena sudah berkurangnya daya pemutih atau penyemerlang warna pakaian. Pabrik tekstil memakai zat penyemerlang warna putih ( optical brighteners ) agar permukaan kain terlihat lebih putih dan bercahaya. Daya tahan beberapa zat penyemerlang mempunyai keterbatasan waktu tertentu karena dipakai, disimpan atau bahkan ketika dicuci. Setelah habis daya tahannya, maka kain menjadi kekuningan jika dilihat ditempat yang terang. Hal ini bukan diakibatkan oleh karena kesalahan proses pencucian, akan tetapi lebih diakibatkan karena umurnya, pemakaiannya dan penyimpanannya.

2. Redeposisi

Karena terjadi redeposisi (penempelan kembali) dari noda kotor yang sebelumnya telah dikeluarkan dan dilarutkan dari serat benang. Hal tersebut menjadikan warna permukaan kain akan tampak pudar.
Redeposisi terjadi karena beberapa hal, yaitu :
  • Kualitas kesadahan air yang terlalu tinggi atau hard water.
  • Muatan mesin cuci terlalu penuh.
  • Alkali, sabun atau detergen terlalu sedikit atau kurang seimbang komposisi laundy chemicalnya.
  • Ketidak-seimbangan antara pemakaian alkali dengan sabun yang mengandung surfactant.
  • Karena siklus pembilasan yang tidak tepat, mungkin dikurangi siklusnya – misalnya dari tiga kali menjadi dua kali atau dikurangi waktunya.

3. Chorine tidak tepat

Faktor lain selain karena redeposisi, yang juga dapat menyebabkan warna kain memudar adalah pemakaian chlorine yang tidak tepat sehingga dapat mengakibatkan bahan menjadi kekuning-kuningan. Sedangkan bila warna bahannya berubah dari putih menjadi merah jambu, terjadi karena karat (metallic salts).

4. Perubahan posisi

Karena selalu terkena sinar matahari secara permanen setiap hari dalam posisi yang tidak pernah berubah dan dalam waktu yang cukup lama.
Penulis : H. Santosa Budhi HP CLM MBA
Laundry Expert & Consultant at mesinlaundry.com
Sumber : mesinlaundry.com
Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar